Advertisement

Latest News

Soal Bahasa Indonesia Kelas XII

By Mujahidin - 4 April 2014

1. Di bawah ini bukan pihak yang terlibat dalam diskusi atau seminar yaitu :
a. moderator
b. pembicara
c. notulen
d. peserta
e. notulis

2. Ungkapan persetujuan yang baik dalam diskusi adalah…
a. saya setuju dengan pendapat anda karena…
b. saya tidak setuju karena…
c. maaf, saya kurang sependapat
d. jika itu memang pendapat anda, ya sudahlah
e. jangan main-main kalau berpendapat

3. Tanggapan penolakan di bawah ini yang tepat adalah
a. saya tidak sependapat dengan anda yang tidak masuk akal
b. maaf, hal itu tidak dapat diterima
c. saya tidak setuju sebab hal itu tidak benar
d. wah, pendapat itu harus ditolak
e. saya kurang sependapat dengan bapak karena saya belum yakin dengan hal itu

4. Pernyataan berita di bawah ini yang termasuk fakta adalah…
a. polisi akan meringkus para penjahat di Desa Sukamaju
b. Bupati akan meresmikan Gedung Pertemuan besok
c. penjahat itu akan merampok toko emas
d. mobil truk itu bertabrakan dengan mobil kijang tadi pagi di depan terminal
e. polisi akan merazia para pengendara motor besok pagi

5. Dengan ibu hendaklah hormat
    Supaya badan dapat selamat
    Makna dari gurindam di atas adalah
a. agar kita kelak selamat harus hormat kepada ibu
b. kita harus menghormati setiap ibu
c. kita tidak boleh hormat kepada ibu
d. kita harus tunduk kepada semua ibu
e. kita harus hormat kepada ibu, kalau ingin sehat

6. Penulisan identitas pelamar yang tepat adalah…
a.Nama                                                                : Sudaryanto
   Tempat , Tanggal Lahir                : Tembilahan, 30 September 1986
   Pendidikan                                      : S1
   Alamat                                               : Jalan Pahlawan nomor 13
b. Nama                                               : Sudaryanto
    Tempat, tanggal lahir                  : Tembilahan, 30 September 1986
    Pendidikan                                     : SMA
    Alamat                                              : Jalan Pahlawan nomor 13
c.  nama                                               : Sudaryanto
     tempat , tanggal lahir                : Tembilahan, 30 September 1986
     pendidikan                                    : S1
     alamat                                             : Jalan Pahlawan nomor 13

d. nama                                                : sudaryanto
    tempat, tanggal lahir                  : tembilahan, 30 september 1986
    pendidikan                                     : SMA
    alamat                                              : jalan pahlawan nomor 13
e.  Nama                                              : sudaryanto
     Tempat, tanggal lahir                 : tembilahan, 30 september 1986
     Pendidikan                                    : SMA
     Alamat                                             : jalan pahlawan nomor 13

7. Demikian surat lamaran pekerjaan saya, mohon maklum dan terimakasih
Penutup lamaran kerja tersebut dapat diperbaiki menjadi…
a. Demikian surat lamaran saya. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih
b. Demikian lamaran saya. Atas perhatiannya saya mengucapkan terima kasih
c. Demikian lamaran saya buat dengan kesungguhan untuk dapat diterima. Terima kasih
d. Atas perhatian dan diterimanya lamaran ini saya ucapkan terima kasih
e. Demikian surat lamaran saya. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terimakasih

8. Hidungnya mancung. Lekuk bibirnya juga jelas. Aroma magnolia menyembur dari tubuhnya yang terbalut daging tipis. Kaki-kakinya panjang dan lurus, berjalan seolah kijang.
Penggalan cerita di atas menerangkan…
a. tema
b. plot
c. latar
d. tokoh
e. amanat

9. Berikut adalah format surat dinas yang tepat digunakan antarinstansi adalah :
a. tempat dan tanggal-tujuan-salam pembuka-paragraf pembuka-isi-salam penutup-tanda tangan dan nama terang
b. kepala surat-tempat dan tanggal pembuatan-nomor surat-perihal-lampiran-alamat tujuan-salam pembuka-paragraf pembuka-isi-paragraf penutup-salam penutup-tanda tangan dan nama terang
c. tempat dan tanggal pembuatan- tujuan-nomor surat- perihal-lampiran-alamat tujuan-salam pembuka-paragraf pembuka-isi-paragraf penutup-salam penutup-tanda tangan dan nama terang
d. kepala surat-tempat dan tanggal pembuatan-lampiran-alamat tujuan-salam pembuka-paragraf pembuka-isi-paragraf penutup-salam penutup-tanda tangan dan nama terang-nomor surat
e. salam pembuka-paragraf pembuka- kepala surat-tempat dan tanggal pembuatan-nomor surat-perihal-lampiran-alamat tujuan

10. Alur, penokohan, tema, dan amanat termasuk unsur-unsur …. dalam karya sartra (cerpen)
a. intrinsik
b. ektrinsik
c. kerakteristik
d. kharismatik
e. endosentrik

11. Suatu pidato akan berhasil baik bila dilakukan persiapan-persiapan. Yang tidak termasuk persiapan tersebut yaitu :
a. membuat kerangka pidato
b. mengumpulkan bahan
c. memilih masalah yang tepat
d. menyampaikan dengan menarik
e. menghargai perbedaan pendapat

12. Bagian penutup pidato bertema Tenaga Kerja Indonesia yang paling tepat adalah…
a. Terima kasih atas kerjasama anda . jangan lupa akan jasa-jasa kami yang telah memberangkatkan saudara
b. saya mengajak saudara semua untuk mengikuti jejak warga kita yang sudah berada di luar negeri
c. demikian pidato saya. Semoga saudara-saudara mendapatkan hasil yang maksimal di negeri orang dan selalu diberi kesehatan dan keselamatan sampai pulang ke Indonesia
d. akhirnya, saya menghimbau pikirkan kembali kalau anda akan keluar negeri
e. akhirnya, saya tutup pidato saya

13. (1) saat itu adalah saat yang paling kunantikan
      (2) jiwaku meradang karena ia tak jua datang
      (3) telah lama kami berharap ingin bertemu
      (4) akhirnya kami membuat janji untuk bertemu
      (5) namun, setelah satu jam menunggu aku jadi resah
Agar menjadi cerita yang menarik, susunan cerita di atas seharusnya…
a. 1-2-3-4-5
b. 2-3-4-5-1
c. 3-4-5-2-1
d. 3-4-1-5-2
e. 5-4-3-2-1

14. Unsur intrinsik karya sastra (cerpen) yang menjelaskan tentang cara pengarang menyampaikan cerita adalah…
a. tema
b. amanat
c. latar
d. alur
e. sudut pandang

15.          kalau gugur, gugurkan nangka
      Jangan ditimpa si cabang pauh
      Kalau tidur, tidurkan mata
      Jangan dicinta orang yang jauh
Penggalan puisi lama di atas berjenis…
a. gurindam
b. syair
c. mantra
d. pantun
e. seloka

16. Buku sehat berpahala layak dibaca, karena konten tentang cara hidup sehat dijelaskan secara rinci dari dua sisi yakni medis dan agama. Di sisi medis, Egha Zainur memberikan pemahaman bagaimana peran dan fungsi organ tubuh terpenting yakni hati dan jantung. Egha juga kental menulis kritik dengan nada provokatifnya tentang tata cara memperbaiki kesehatan tubuh secara instan. Dia menolak praktik kehidupan sehat yang instan karena itu tetap saja ada efek samping nya terhadap kesehatan.
Penggalan resensi di atas adalah bagian…
a. identitas buku
b. penilaian
c. simpulan
d. keunggulan
e. isi buku

17. Buku yang berisi riwayat hidup seseorang atau tokoh terkenal disebut…
a. glosarium
b. bibliografi
c. sejarah
d. biografi
e. geografi

18. Gurindam adalah salah satu jenis puisi lama yang berasal dari…
a. arab
b. cina
c. tamil (india)
d. melayu
e. korea

19. Kalimat penolakan yang tepat dan sopan dalam forum diskusi adalah …
a. Saudara moderator, saya menolak pendapat itu karena bukti dan alasannya tidak akurat
b. Saudara moderator, saya menolak pendapat itu karena isinya sama sekali tidak bermanfaat
c. Saudara moderator, pendapat saudara itu cengeng seperti pendapat anak-anak
d. Saudara moderator, saya kurang sependapat karena masih ada aspek lain yang perlu ditinjau kembali
e. Saudara moderator, saya tidak dapat menerima pendapat penyaji tersebut

20. Metode pidato yang dilakukan dengan cara spontan atau secara langsung tanpa persiapan disebut dengan …
a. impromtu
b. ekstemporan
c. menghapal
d. naskah
e. musikalisasi


essay
1. Jelaskanlah 4 cara membaca puisi !
2. Jelaskanlah unsur-unsur intrinsik cerpen !
3. Tuliskanlah 3 perbedaan gurindam dan pantun !
4. Tuliskanlah 5 lampiran wajib yang harus disertakan bersama surat lamaran pekerjaan !
5. Jelaskanlah pengertian dari :
      a. Proposal
      b. Resensi
      c. Surat lamaran kerja
      d. Puisi baru
      e. Pidato

Follow our blog on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

0 komentar for "Soal Bahasa Indonesia Kelas XII"

Posting Komentar
Advertisement