Advertisement

Latest News

Sumber Daya Alam

By Mujahidin - 25 Januari 2014





Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang dapat diperoleh dari lingkungan untuk keperluan manusia. Beberapa sumber daya alam seperti udara dan beberapa tumbuhan yang dapat dimakan, dapat langsung kita peroleh, tetapi sumber daya lain seperti bahan bakar minyak (BBM), besi, air tanah, ikan, binatang buruan, dan sebagainya tidak dapat langsung kita peroleh. Barang kebutuhan ini baru menjadi sumber daya setelah manusia menggunakan pengetahuan dan teknologi untuk mencarinya, memproses, dan mengubahnya menjadi bentuk yang dapat dimanfaatkan.

Di alam, orang menemukan bahan makanan, misalnya padi. Untuk memenuhi kebutuhan bahan makanan, orang menjadikan padi sebagai tanaman yang senantiasa diperbaharui
Lebih hebat lagi, jika kita memperhatikan udara, matahari, dan air, sumber daya alam itu senantiasa ada dan setiap masa dapat di gunakan, tanpa kita harus memperbaharuinya.
Lain halnya dengan bahan bakar minyak (BBM) yang kita gunakan, diantaranya untuk masak, menjalankan kendaraan, menggerakan mesin pabrik dan sebagainya. Minyak bumi diambil dari persediaan yang ada dalam kerak bumi. Barang itu telah terbentuk dalam waktu yang sangat lama. Disuatu lading minyak terdapat persediaan cadangan minyak dalam jumlah tertentu. Jika orang menyedot minyak dari sumber tersebut, lama-kelamaan persediaan minyak di tempat itu akan berkurang dan habis.

Sumber daya alam adalah segala sumber alam yang memiliki potensi (daya) dan kemungkinan memberikan kesejahteraan dengan berbagai bentuk kemudahan bagi kelangsungan hidup manusia. Tolok ukur sumber daya alam adalah dapat memberikan kemudahan dan kesejahteraan bagi manusia. Wujud sumber daya alam yang menjadi berbagai produk yang biasa dikonsumsi oleh manusia adalah gula, kopi, coklat, baju yang kita pakai, berbagai macam kendaraan , dan masih banyak lagi.

Sumber daya alam yang ada di permukaan bumi banyak sekali ragamnya. Untuk mempermudah dalam pembahasannya, sumber daya alam kita bagi menjadi dua kelompok besar, yaitu sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.

A.     Penggolongan Sumber Daya Alam

1.    Berdasarkan bagian atau bentuk yang dapat dimanfaatkan
a.    Sumber daya alam materi, yaitu sumber daya alam yang dimanfaatkan materinya. Contohnya mineral magnetit, hematit, limonit, dan pasir kuarsa yang dapat dilebur menjadi besi (baja) yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia, diantaranya bahan kendaraan, alat rumah tangga, dan sebagainya.
b.    Sumber daya alam hayati, yaitu sumber daya alam yang terdiri dari hewan (sumber daya hewani) dan tumbuhan (Sumber daya alam nabati)
c.    Sumber daya alam energy, yaitu sumber daya alam yang di dalamnyaterkandung energy. Contohnya bahan bakar minya (bensin, solar, minyak tanah, dan lain-lain), gas alam, batu bara, dan kayu bakar.
d.    Sumber daya alam ruang, yaitu ruang atau tempat yang diperlukan manusia dalam hidupnya. Makin besar kenaikan jumlah penduduk, maka Sumber daya alam ruang makin sulit di peroleh. Contohnya dikota-kota besar, seperti Jakarta Sumber daya alam ruang makin sulit didapat.
e.    Sumber daya alam waktu, sebagai Sumber daya alam, waktu tidak berdiri sendiri melainkan terikat dengan pemanfataan sumber daya alam lainnya. Contohnya air sulit didapat pada musim kemarau, akibatnya mengganggu tanaman pertanian.

2.      Berdasarkan pembentukannya
a.    Sumber daya alam yang dapat diperbaharui
Sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah sumber daya alam yang jika digunakan secara terus menerus maka dalam jangka waktu tertentu akan kembali seperti sedia kala dan dapat digunakan lagi untuk diambil manfaatnya. Contohnya air, tanah, tumbuh-tumbuhan dan hewan.
Sumber daya alam dapat diperbaharui dengan dua cara, yaitu :
1.        Pembaruan dengan reproduksi
Pembaruaan ini terjadi pada Sumber daya alam hayati, karena hewan dan tumbuhan dapat berkembang biak, sehingga jumalahnya selalu bertambah.
2.        Pembaruan dengan adanya siklus
Sumber daya alam, misalnya udara dan air terjadi dalam proses yang melingkar membentuk siklus. Dengan demikian, selalu trejadi pembaruan. Aktivitas manusia seperti berikut dapat menurunkan kualitas dan kuantitas sumber daya alam,
1.    Pencemaran udara akan menurunkan kualitas atmosfer bumi.
2.    Penebangan hutan dapat menurunkan kualitas air tanah dan menumbulkan banjir.
Sumber daya alam yang dapat diperbaharui pada dasarnya terdiri dari :
1.    Sumber daya alam fisik (nonhayati)
Sumber daya alam fisik adalah sumber daya alam yang berupa benda mati, seperti tanah, air, angin, udara, dan sinar matahari.
2.    Sumber daya alam nonfisik (hayati)
Sumber daya alam nonfisik meliputi Sumber daya nabati dan hewani. Dalam bidang pertanian dan perkebunan, banyak diusahakan sumber daya nabati, seperti padi, jagung, sagu hotrikultura dan sebagainya. Sedangkan Sumber daya hewani dapat dibedakan atas sumber daya perikanan dan peternakan.
b.    Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui (unrenewable Resources)
Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah sumber daya alam jika digunakan secara terus menerus, maka lama-kelamaan akan habis dan tidak dapat dihasilkan sendiri oleh manusia. Sumber daya alam ini terdapat dalam jumlah yang relative statis karena tidak ada penambahan atau pembentukannya sangat lambat bila dibandingkan dengan penggunaan manusia. Contohnya: bahan mineral, batu bara, gas alam, dan sumber daya fosil lainnya.
1.      Sumber daya alam yang tidak cepat habis
Sumber daya alam tidak cepat habis karena nilai konsumtif terhadap barang tersebut relative kecil. Manusia hanya memanfaatkan dalam jumlah sedikit. Disamping itu, sumber daya ala mini dapat dipakai secara berulang-ulang sehingga tidak cepat habis. Contohnya intan, batu permata, dan logam mulia (emas)
2.      Sumber daya alam yang cepat habis
Sumber daya alam yang cepat habis karena nilai konsumtif barang tersebut relative tinggi. Manusia menggunakannya dalam jumlah yang banyak, sehingga sumber daya ala mini akan cepat habis. Disamping itu, daur ulangnya sukar dilakukan. Contohnya bensin, gas alam, dan bahan bakar lainnya.
Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui kebanyakan didapat dari bahan galian. Dalam undang-undang No. 11 tahuan 1976 tentang pertambangan, bahan galian doklasifikasikan menurut kepentingannya bagi Negara sebagai berikut,
1.    Golongan A, yaitu golongan bahan galian strategis. Contohnya semua jenis batu bara, minyak bumi, bahan radioaktif, tembaga, aluminium, timah putih, mangan, besi, nikel, dan sebagainya.
2.    Golongan B, yaitu bahan vital. Contohnya emas, perak, magnesium, seng, wolfram, batu permata, dan setengah permata, mika, asbes, dan sebagainya.
3.    Golongan C, yaitu bahan galian yang tidak termasuk kedalam golongan A ataupun B. contohnya bahan galian yang termasuk bahan industry.
c.    Bredasarkan lokasinya
1.    Sumber daya alam terrestrial, yaitu sumber daya alam yang terdapat di daratan. Contohnya tanah, hutan, dan bahan galian.
2.    Sumber daya alam akuatik, yaitu sumber daya alam yang terdapat di daerah perairan. Contohnya ikan, rumput laut, dan energy gelombang.
  

                   pelajarinhil.com

Follow our blog on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

0 komentar for "Sumber Daya Alam"

Posting Komentar
Advertisement