Advertisement

Latest News

“PERKATAAN DAN PENAMPILAN ADALAH HARGA DIRI ANDA, MAKA BERHATI-HATILAH DALAM BERKATA DAN BERPENAMPILAN”

By Mujahidin - 31 Oktober 2013


Melalui perkataan orang dapat melihat harga diri anda, maka berhati-hatilah dalam berkata/berbicara, jangan menggunakan bahasa yang tidak sopan dan menyinggung orang lain. Jaman sekarang orang banyak mengunakan nama-nama binatang,kata-kata yang jorok dan sebagainya, bahkan musuh terbesar manusia (syetan) pun ikut tersebut. Di mana iman kita, bisakah kita mengontrol bicara kita sebelum mengeluarkan dari mulut kita, seperti halnya mengontrol ketika buang angin, sebelum di keluarkan kita melihat dulu kanan kiri, dan cara mengeluarkanya secara perlahan. Perkataan yang baik akan berdampak baik pula pada diri anda, begitu pun sebaliknya perkataan yang kotor/buruk akan berdampak buruk pula pada diri anda. Ada sebuah pepatah mengatakan “mulutmu harimaumu”. itu memang terbukti benar, oleh karena itu mulailah dari sekarang berhati hati dalam berkata, sebelum mengeluarkan perkataan kita harus mengelola dahulu, apakah perkataan tersebut menyinggung orang lain atau tidak. Karena perkataan itu lebih tajam dari silet(sejenis pisau). Jika kita terkena tajamnya silet, hanya sesaat kita merasakan sakit, tetapi jika kita terkena tajamnya kata-kata bisa jadi seumur hidup tidak akan pernah melupakan kata-kata tersebut. Lalu bagaimana cara mengelola perkataan kita sebelum mengeluarkanya?...

            Setiap kata-kata itu keluarnya dari mulut, mulut itu  kita yang mengerakkannya, semua anggota tubuh kita bergerak seperti yang kita mau/inginkan. Mulut itu tidak bisa bergerak/berbicara sendiri tampa kita inginkan.  Tetapi selain bergerak mengikuti keinginan kita, anggota badan kita juga bergerak karena kebiasaan kita. untuk itu, lakukanlah kebiasaan-kebiasaan yang baik, agar anggota badan merespons dengan menggerakanya seperti kebiasaan baik kita. Tetapi jika kita melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk maka tubuh kita juga akan merespons demikian. Jika perkataan kita sudah terkontrol, maka semua perkataan yang kita keluarkan akan menjadi lebih bijaksana dan bermanfaat bagi orang yang mendengarkanya. 
            Ketika kita berbicara kepada orang yang setiap kata-katanya bijak sana/orang yang drazatnya lebih tinggi dari kita, kita akan merasa grogi/nerves,  takut salah dalam berkata, takut menyinggung orang tersebut, takut membuat orang tersebut marah sehingga kita berbicaranya pelan dan perlahan. Tetapi mengapa ketika kita berbicara kepada orang yang sederazat bahkan drazatnya lebih rendah dengan kita, kita tidak bisa melakukan hal yang sedemikian rupa, mereka semua adalah manusia, bagaimanapun drazatnya di bumi ini kita tetap sama di mata tuhan.
Penampilan kita adalah identitas diri kita, jangan kita meniru identitas dari orang lain, apalagi orang yang kita jadikan inspirator adalah orang tidak baik, maka ketidak baikan orang tersebut akan melekat pada diri kita, tetapi apabila orang yang kita jadikan inspirator adalah orang yang baik,berbudi perkerti luhur. Dampaknya akan baik pula pada diri kita, banyak orang sekarang megikuti lifestyle gaya hidup modern. Baik itu perkataannya, penampilanya, cara bicaranya,dll. Hal tersebut wajar-wajar saja apabila masih dalam batas-batas tertentu. Tetapi yang di sayangkan adalah ketika mengikuti gaya hidup modern, banyak orang yang salah memilih inspirator dirinya, sehingga banyak mengarah ke hal-hal yang negative.
Harga diri itu bukan hanya di lihat dari keadaan fisik kita, tetapi harga diri itu juga terletak pada perkataan dan penampilan. Apabila perkataan seseorang sudah tak bijaksana dalam setiap kata-katanya dan di tambah lagi penampilanya yang sudah transparan/blak-blakan. Nilailah sendiri!!!. Tetapi apabila penampilanya yang transparan/blak-blakkan itu masih biasa, begitu juga perkataanya saja. Tetapi apabila penampilan dan perkataanya sudah hancur, segeralah perbaiki sebelum keburukan menimpamu.
 
 Setiap keburukan/kejelekan yang datang padamu datangnya dari dirimu,begitu pula kebaikan yang datang padamu asalnya juga dari dirimu. Jika ingin hal-hal yang baik datang padamu maka lakukanlah hal-hal yang baik pula, apabila anda menginginkan hal yang buruk datang padamu maka lakukanlah sesuka hatimu. Jika anda memang manusia pergunakanlah otakmu untuk berpikir memilih dan memilah mana yang baik dan mana yang buruk sebelum melakukan sesuatu. Semua itu tergantung kemauwanmu, kemauwanmu itu tergantung niatmu, niatmu tergantung cara berpikirmu…. ITU!!!!!

by : (pelajarinhil.com) Nurman
 

Follow our blog on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

0 komentar for "“PERKATAAN DAN PENAMPILAN ADALAH HARGA DIRI ANDA, MAKA BERHATI-HATILAH DALAM BERKATA DAN BERPENAMPILAN”"

Posting Komentar
Advertisement