Advertisement

Latest News

FLORA DAN FAUNA

By Mujahidin - 20 November 2013




1.    PERSEBARAN FLORA DAN FAUNA DI INDONESIA
a.    Persebaran Flora Di Indonesia
Tanah yang suburmenyebabkanberbagaijenistanamandapattumbuhdenganbaik di wilayah Indonesia. Flora Indonesia terdiridarisekitar 4000 jenispohon, 1500 jenispaku-pakuandan 5000 jenisanggrek.
1.    Flora bagianbarat
Flora bagianbaratmeliputiberbagaijenistanaman yang tumbuh di pulau Sumatra, jawa, Kalimantan, danpulau-pulaukecil di sekitarnya.Jenis flora Indonesia bagianbaratmemilikipersamaandengantumbuhan yang terdapat di asia. Jenis-jenistumbuhannyasepertiPinus, Kamper, Meranti, Kayubesi, Kayumanis, Beringin, Raflesiajatimeranti, Mahoni, Pinang dansebagainya.
2.    Flora bagiantengah
Flora Indonesia bagiantengahmeliputiberbagaijenistanaman yang terdapat di sulawesi, nusatenggara, dan Maluku. Di nusatenggaraterdapatpadangrumputalami yang baikuntukdaerahpeternakan. Penyebabnyaadalahcurahhujan yang rendah.Jenistumbuh-tumbuhansepertiEboni, Kayuhitam, Rotan, Akasia,Cendana, Lenggua, Markisa, Cokelatdansebagainya.
3.    Flora Indonesia bagiantimur
Flora Indonesia bagiantimuradalahtumbuhan yang hidup di pulaupapuadanpulau-pulausekitarnya.Jenistanaman yang seringdijumpai di papuaadalahjenis conifer sepertiagatisalbadan obi. Di daerahdataranrendahnyaterdapatpohonsagu, nipah, danbakau.

b.    Persebaran fauna di Indonesia
Kawasan Indonesia yang terletakantaraduabenua, yaituasia di utaradan Australia di selatanmengakibatkanhewan yang terdapat di Indonesia di pengaruhidanmemilikikesamaandengan yang terdapat di keduakawasantersebut, yaitu :
1.    Kawasan Indonesia bagianbarat di pengaruhiolehhewan yang banyakterdapat di asia. Sepertigajah, badak, banteng, harimau, dansebagainya.
2.    Kawasan Indonesia bagiantengah, meliputi Sulawesi dannusatenggara. Hewan-hewan yang terdapat di wilayahinitidakada di bagianbaratdantimur, seperti komodo, anoa, danbabirusa. Hal ini di sebabkanolehkawasan Sulawesi di batasiolehlaut yang dalamberupaingresi, sehinggatidakpernahberhubungandenganasiadan Australia waktuesmencair, di manadaerah di tepipantaitergenang air lautsetinggi 70 meter. Sebelumpencairaniniterjadi, banyakbinatang yang bermigrasiataumerupakanhubungandaratan Indonesia baratdenganasiadan Indonesia timurdengan Australia.
3.    Kawasan Indonesia bagiantimur di pengaruhiolehhewan yang banyakterdapat di Australia. Spesies yang paling banyakadalahjenisburungdanikan.

2.    KERUSAKAN FLORA DAN FAUNA SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KEHIDUPAN
a.    Kerusakan Flora dan Fauna
Flora dan fauna merupakansumberdayaalam (SDA) yang dapat di perbaharui.Banyakmanfaat yang dapatkitaperolehdariadanyakeanekaragamanorganisme.Tetapi, akibatkeserakahandanketidakbijaksanaandalammemanfaatkan SDA tersebut, eksploitasinyaolehmanusiamenyebabkanbanyakorganisme yang hampirpunah, bahkansampaiada yang punah, baik di seluruhpermukaanbumimaupun Indonesia sendiri.Spesiesmenjaditerancamkarenaberbagaialasan yang secaralangsungatautidaklangsung di kaitkandenganmanusia, meliputi :
1.      Perburuan
Perburuanmengancamberbagaimacamsatwa.Beberapamacamsatwa di tangkapsebagai symbol kejayaan, danlainnya di buruuntukdiperdagangkan, sepertiberuangkutub(Ursusmaritimus) di arktik, harimau(Leo tigris) di asiabagianselatan, dan lain-lain.


2.      Lenyapnya habitat dansumbermakanan
Ancaman Janis inimungkinlebihberbahaya, lebihmeluas, danlebihtersembunyiatautidakterasa di banding ancamankarenaperburuan.Contoh, satwa yang terancampunahakibatlenyapnya habitat dansumbermakananantaralain, burungpelatukberparuhgading(Campephilusprincipalis)dihutan-hutansepanjangsungai Mississippi danrawa-rawa di florida, orang utan di pulaukaliamantan, dan lain-lain.
3.      Tingkat populasi
Beberapajenissatwa di anggapterancampunahkarenajumlahnya yang relatifstabil, begitukecilsehinggatidakpernahmemungkinkanmeningkatmenjadijumlah yang benar-benaraman, dandapatdenganmudahlenyaphanyadengansatu kali bencanaalam.Contohnya, burungjenjangamerika(Grus Americana).
4.      Peracunanlingkungan
Keberadaanracun-racundariinsektisidapertanian yang tidakcepatterurai di mana-mana, sepertitanahdanperairan, dapatmengancamkepunahanorganisme. Contohnya, beruangkutubarktik, penguin antartika, dan lain-lain.

b.    DampaknyaTerhadapKehidupan
Kerusakan flora dan fauna berdampakbesarterhadapkehidupanmanusia.Akibatkeserakahandanketidakbijaksanaandalammemanfaatkan flora dan fauna tersebut, daneksploitasinyaolehmanusiamenyebabkanbanyak flora dan fauna yang hampirpunah, baik di duniaataupun di Indonesia sendiri.Dampakterhadapkehidupanmanusia di antaranyaadalahsebagaiberikut :
1.    Habisnyapersediaanmakanandanminumanbagimanusia, yang bahanbakunyaberasaldari flora dan fauna yang tersedia di alam.
2.    Terganggunyakeseimbanganekosistem di lingkungankehidupanmanusia.
3.    Banyakmanusia yang akanmeninggaldunia, karenapersediaanbahanmakanandanminuman yang sudahhabis.
4.    Tidakadalagikehidupan di duniaini.

TabelPersebaran Flora dan Fauna di Indonesia
No
Wilayah
Jenis Flora
Jenis Fauna
1.
Jawa
Jati, mahoni, akasia, pinus, pakis, anggrek, bamboo, danrasamala.
Rusa, babihutan, harimaujawa, kera, banteng, kerbau liar, merak, badak, danular.
2.
Nusa Tenggara
Cendana, akasia, jati, lontar, rotan, kamiri, dankayukruing.
Rusa, kijang, monyet, babihutan, komodo, danberbagaijenisunggas.
3.
Kalimantan
Meranti, ulin, kruing, dammar, kayukapur, rotan, pakis, bambu, dankayusamin.
Kera, rusa, babihutan, buaya, kadal, biawak, jenis-jenisular, musang, danpesut.
4.
Bali
Cempakakuning, pala, beringin, kitanggi, gayur, suren, danbadung.
Jalakputih, banteng, babihutan, kijang, rusa, danlutung.
5.
Sumatra
Bungabangkai, pinus, meranti, beringin, duku, rotan, sindur, petai, dan durian.
Gajah, tapir, badak, harimau Sumatra, ular, buaya, rusa, dansiamang.
6.
Maluku
Kayuputih, bakau, anggrek, dansagu.
Cakalang, teripang, penyu, ular, kerang, kerbau, sapi, kakaktua, biawak, dannuri.
7.
Selawesi
Anggrek, meranti, kayu, rotan, dammar, pinus, jati, cempaka, danbambu.
Babi, rusa, anoa, kuda, sapi, jenisburung, danmaloe.
8.
Papua
Anggrek, bakau, sagu, dammar, kayu, kapur, rotan, pakis, bambu, dankayusamin.
Buaya, cendrawasih, biawak, kuskus, kangguru, bajing, nuri, dankakatua.



SILAHKAN DOWNLOADFILE LENGKAPNYA DI SINI

oleh : Nurman

Follow our blog on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

0 komentar for "FLORA DAN FAUNA"

Posting Komentar
Advertisement