Advertisement

Latest News

akhlak terpuji

By Mujahidin - 25 November 2013



AKHLAK TERPUJI


A.AKHLAK BERPAKAIAN

1.      pengertian Akhlak Berpakaian
   Berpkaian menurut islam tidak sekedar sebagai kebutuhan dasar yang harus      dipenuhi atau  sebagai sarana memperindah diri,melainkan dicatat sebagai amal ibadah untuk mendapat keridaan Allah SWT.

2.Bentuk Akhlak Berpakaian
Dalam pandangan islam ,pakaian dibagia menjadi 2:
Pertama, pakaian untuk menutupi aurat sebagai relisasi dari perintah allah . disamping        menutup aurat ,pakaian juga tidak boleh tembus pandang dan membentuk lekuk tubuh, berpakaian harus sopan.
Kedua, pakaian merupakan perhiasan diri untuk menyatakan identitas diri seiring perkembangan peradaban manusia. Dalam syariat islam,mempunyai ketentuan yang jelas ,baik ukuran aurat yang harus ditutrupi maupun jenis pakaian yang digunakan untuk menutupinya.berpakaina yang menutu aurat juga menjadi bagian yang penting dalam menjalankan ibadah , terutama ibadah salat,umrah atau haji. Untuk itu bagi orang yang beriman wajib berpkaian menutup aurat.

3.Nilai Positif Akhlak Berpakaian
Pakaian yang sopan dapat memenuhi kebutuhan dan tujuan berpakaian, yaitu menutup aurat ,melindungi tubuh dan keindahan.terutama apabila kita melakukan ibadah salat,maka pakaian yang kita pakai harus baik dan bersih.

4. Membiasakan Akhlak Berpakaian yang Baik
Seorang muslim/muslimah diwajibkan memakai busana sesuai dengan apa yang ada dalam aturan syariah. Tidak dibenarkan memakai pakaian yang menurut kesenangan ,mode atau tradisi yang berlaku dimasyarakat, sementara batasan batasan yang telah ditentukan agama ditinggalkan.
B. AKHLAK BERHIAS

1.Pengertian Akhlak Berhias
Berhias merupakan bentuk ekspresi personal , yang menegaskan jti diri dan kebanggan seseorang . secara bahas , berhias adalah usaha memperelok diridengan pakaian ataupun lainnya yang indah dan menarik.
Dari gambaran diatas maka dapat disimpulkan bahwa pada hakikatnya berhias itu perbuatan yang dibolehkan, selama tidak bertentangan dengan islam.seperti yang tertera dalam surat al a’raf yang artinya “sesungguhnya allah itu indah dan menyukai keindhahan”

2.Bentuk Akhlak Berhias
1. niat yang lurus, yaitu berhias untuk beribadah
2. dalam berhias tidak dibenarkan menggunakan bahan yang diharamkan
3. dilarang berhias menggunakan symbol non-muslim
4 tidak berlebiha-lebihan
5.dilarang berhias seperti caranya oaring orang jahiliah
6.berhias menurut lelaziman
7.dilarang berhias untuk riya
8.menggunakan produk yang halal

3.Nilai Positif Akhlak Berhias
Berhias secara islami , akan memberkan pengaruh positif dalam berbagai aspek kehidupan, karena berhias yang dilakukan diniatkan sebagai ibadah . maka segala aktivitas berhias oleh seorang islam merupakan jlan untuk mendapatkan pahala dan berkah.

4. Membiasakan Akhlak Berhias
Islam mengjarkan kita hidup secara wajar, berpakaian secara wajar,berhias secara lazim, tidak kurang dan lebih.karena itu setiap muslim harus membiasakan berpakain dan berhias yang baik, tidak menyombongkn diri, tidak angkuh tetapi tetap sederhana sebagai wujud konsistensi terhadap islam.

C.AKHLAK PERJALANAN

1.Pengertian Akhlak Perjalanan
Perjalanan dalam bahasa arab merupakan”rihlah/safar”. Secara istilah merupakan aktivitas seseorang untuk pergi keluar atau meninggalkan rumah baik jalan kaki,ataupun menggunakan kendaraan yang mengantarkannya ke suatu tujuan. Sebagai seorang muslim harus mempraktikan akhlak terpuji kepada orang-orang yang ditemuinya dalam perjalanan.

2.Bentuk Akhlak perjalanan
Jenis perjalaanan dalam islam seperti haji, umrah , menuntut ilmu, bekerja, silaturahmi ,berperang dijalan allah, berdakwah dll. Adapun adab dalam perjalanan adalah:
  1. bermusyawarah dan istikarah
  2. mengembalikan hak kepada pemilikny
  3. membawa benda yang disunahkan rasulullah
  4. mengajak istri ataupun anggota keluarga
  5. perempuan tidak boleh pergi seorang diri
  6. memilih kawan pendamping yang saleh
  7. mengngkat pemimpin rombngan
  8. berpamitan terhadap keluarga dan handai taulan memilih hari kmais da salat dua rakaat sebelum berangkat.
  1. menolong kawan seperjalanan
  2. tidak lama meninggalkan istri
  3. takbir tiga kali dan berdoa


3.Nilai Positif Akhlak Perjalanan
1. perjalanan dapat menghibur diri dari kesedihan
2.perjalanan dapt menjadi usaha untuk mencari rezeki
3.mengantarkan seseorang memperoleh pengalanman
4.seseorang akan lebih banyak mengenal adab kesopanan didalam masyarakat
5.menambah wawasan ,kawan baik yang mulia

4. Membiasakan Akhlak Perjalanan
Jnagn biasakan membawa membawa persiapan sekedarnya dalam perjalanan, kareana hal itu akan menyulitkan diri sendiri. Semua kemungkina bias terjadi dalam perjalanan, mak hendaknya akita berdoa sebelum melakukan perjalanan dan bersyukurlah bila kita telah melakukan perjalanan dengan selamat.

D AKHLAK BERTAMU

1.Pengertian Akhlak Bertamu
Bertamu merupakan tradisi masyarakat,dengan bertamu seseorang akan menjalin persaudaraan dan silaturahmi.
Menurut KBBI bertamu merupakan berkunuung kerimah sahabat dengan maksud tertentu dan menjalin tali persaudaraan.

2.Bentuk Akhlak Bertamu
Akhlak bertamu menurut islam adalah meminta izin, kemudian mengucapkan salam.menurut ahli fikih mengucapkan salam terlebih dahulu kemudin meminta izin.bisa juga dengan ketukan pintu, hal-hal lain yang perlu diperhatika adl:
a.      jangan bertamu sembarang waktu
b.      kalau bertamu jangan terlalu lama sehingga merepotkan tuan rumah
c.jang melakukan kegiatan yang membuat tuan rmah terganggu
d.     hormati tuan rumah dengan menyantap jamuan yang diberikan tuan rumah
e.hendaklah pamit pada waktu mau pulang

3. Nilai Positif Akhlak Bertamu
a.bertamu secara baik dapat menumbuhkan sikap toleran terhadap orang lain
b.bertamu sebagai pendekatan terhadap semua orang yag berada dalam wilayah konflik        tertentu.
c.bertamu sebagi media berdakwah

4.membiasakan akhlak bertamu
Sebaiknya pada orang yang bertamu tidak memaksakan masuk kedalam sat tuan rumah tidak ada dirumah atau menolak untuk masuk. Apabila orang yang bertamu tidak memaksakan untuk masuk kerumah orang maka nama baiknya akan terjaga.
Ketika tan rumah sudah siap akan kedatangan tamu maka hendaknya tamu tetap bersikap baik dan harus selalu menghormati tuan rumah.

E.AKHLAK MENERIMA TAMU
Islam mengajarkan umatnya agar setiap muslim memuliakan setiap tamu yang dating, karena memuliakan tamu merupakan perwujudan keimanan kepada allah dan hari akhir.denagn demikian seorang muslim seorang muslim yang mengabaikan tamunya menunjukan rendahnya akhlak.

1. Pengertian akhlak menerima tamu
Menerima tamu artinya menerima kedatangan ornag yang bertamu. Secara istilah menerima tamu dimaknai menyambut tamu dengan berbagai cara penyambutan yang lazim dilakukan menurut adab ataupun agama dengan mkasud untuk menyenangkan tamu.

2.Bentuk Akhlak Menerima Tamu
Memuliakan tamu dilakukan antara lain dengan menyambut kedatangannya dengan muka manis,dan tutur kata yang lemah lembut mempersilahkan duduk ditempat yang baik dan kalau perlu disediakan ruangan khusus. Islam mengajarkan umatnya untuk memliakan tamu dengan cara yang baik dan sopan.

3.Nilai Positif Akhlak menerima  tamu

a.      menerima tamu dapat meningkatkan kesabaran
b.      menerima tamu dapatt menunjuka sifat dan kepribadian kita
c.      memuliakn tamu dapat juga dijadika sebagai sarana untuk mendapatkan kemaslahatan dari allah.

4. Membiasakam akhlak menerima tamu
Setiap muslim harus menunujukan sikap yang baik terhadap tamunya mulai dari keramahan diri dalam menyambut tamu , menediakn sarana dan prasarana penyambuatan yang memadai erta memberikan jamuan makanan ataupun minuman yang memenuhi selera tamu. Dan harus membiasakan menerima tamu enagn baik dan berakhlak tanpa menyinggung perasaan tamu.

by : (pelajarinhil.com)


Follow our blog on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

0 komentar for "akhlak terpuji"

Posting Komentar
Advertisement